Minggu, 12 Juni 2011

Baterai Handphone Ngedrop

Baterai ngedrop.
Kerusakan pada baterai sangat berpengaruh besar pada hp. Tanpa beterai, hp tidak dapat menyala.


Penyebab.
Kerusakan pada baterai hp dapat disebabkan oleh hal-hal sebagai berikut :

1. Proses pengisian baterai (charge) yang tidak teratur. Hal ini dapat menyebabkan baterai cepat menjadi anjlok (drop).

2. Penggunaan charger yang tidak asli (original). Agar tidak mudah drop, baterai harus dicharger secara teratur dengan menggunakan charger yang asli atau sesuai dengan tipe hp tersebut.

3. Proses charge yang terlalu berlebih akan menyebabkan kondisi fisik baterai cepat ngedrop. Sebaiknya baterai di cahrge 2-3 jam. Charge yang berlebihan juga dapat menyebabkan baterai mengembung dan rusak sehingga tidak baik untuk digunakan lagi.

4. Baterai mengalami korosi akibat terkena cairan.


Solusi :

1. Gunakan multitester untuk mengecek arus baterai. Arus baterai ada di titik 0 mengandalkan arus baterai kosong, sehingga tidak dapat menghidupkan ponsel. Arus baterai pada multitester harus menunjuk angka 4,2 volt DCV sebagai pertanda adanya arus.

2. Bila arus baterai dalam keadaan kosong, kita dapat mengangkat arus tersebut dengan menggunkan desktop multi atau power supply.

3. Lakukan proses charge seperti biasa. hidupkan hp. Jika cara ini masih belum berhasil, berarti baterai tersebut memang sudah rusak dan harus diganti.


catatan :
cara paling mudah mengatasi baterai drop adalah menggantinya dengan membeli baterai baru.
alternatif lain yang dapat dilakukan untuk mengatasi baterai drop adalah "suntik baterai" dengan menggunakan desktop multi. Jika menyuntik baterai dilakukan dengan menggunakan power supply, lakukan langkah-langkah berikut ini.

1. Siapkan power supply (adaptor) sebagai sumber tegangan sekaligus untuk mengetahui besar arus pada baterai.

2. Perhatikan jarum indikator, terdapat huruf A dan V. Huruf A menunjukkan besarnya arus, huruf V menunjukkan besarnya tegangan.

3. Kalibrasikan sebesar 3,6 volt. Caranya, putar panel ke arah kanan sehingga jarum indikator pada boks V bergerak ke arah 3,6 volt. Setelah mencapai kalibrasi, matikan kembali power.

4. Hubungan baterai ke power supply. Perlu diperhatikan ketika menghubungkan kutup positif (kabel merah) pada plat positif baterai dan kutub negatif (kabel hitam), power supply harus dalam keadaan mati untuk menghindari terjadinya kejutan tegangan.

5. Setelah terselubung, kita masuki tahap penyuntikan.
Hidukan power supply (lampu indikator warna kuning).

6. Kalibrasikan kembali besarnya arus baterai (putar panel dipower supply) hingga lampu berubah menjadi warna merah. Lampu merah merupakan batas kemampuan baterai tersebut. Caranya, putar panel tersebut ke arah kanan, namun jangan sampai lampu indikator berubah menjadi merah. Bila telah dicapai pengalibrasian, proses penyuntikan telah berlangsung. Proses ini memakan waktu 1-2 jam.


Sumber : Soni Daniswara dan Riyan
Mencari dan Memperbaiki Kerusakan Pada Handphone--
Cium peluk membabi buta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar