Minggu, 12 Juni 2011

Handphone No Voice

Beberapa contoh kasus kerusakan pada hp adalah no voice atau tak ada suara. Kerusakan ini terjadi dibagian mikrofon dan speaker ponsel.

* Kerusakan pada Mikrofon *
Penyebab, Jalur atau rangkain mikrofon atau speaker rusak, bisa akibat benturan, jatuh atau terkena cairan.

* Pemeriksaan kerusakan pada mikrofon *
Tes dengan cara menelepon ke beberapa orang. Jika semuanya ternyata tidak dapat mendengar suara dari ponsel milik kita, kemungkinan besar terjadi kerusakan pada jalur mikrofon ( no voice).

Perlu diketahui, pengecekan kerusakan pada mikrofon tidak dapat dilakukan dengan menggunakan multitester. Selain tidak terdeteksi, penggunaan multitester malah akan memperburuk kondisi bagian tersebut.


* Solusi *

1. Ganti bagian micnya

2. Jika mic sudah diganti ponsel masih dalam keadaan semula, coba cek beberapa komponen dan jalur jalurnya.

3. Periksa jalur mikrofon, dan IC audio. Untuk mengetahui apakah jalur ini bermasalah gunakan multitester. Jika jarum multitester bergerak, berarti jalur tersebut masih bergerak, berarti jalur tersebut masih berfungsi. Sebaliknya, jika jalur tersebut telah putus, perbaiki dengan menjumper agar jalur tersambung kembali.

4. Jika jalur sudah dalam kondisi baik tetapi hp tetap seperti kondisi semula, cobalah cek IC audio. Jika IC audio rusak, segera ganti dengan yang baru.


* Kerusakan pada speaker *
Untuk mengetahui kerusakan pada speaker, cobalah minta kepada teman untuk menelepon hp kita. Jika suara lawan bicara tidak terdengar, kemungkinan besar speaker ponsel kita mengalami kerusakan.


* Penyebab *

Jalur audio terputus. Bisa akibat benturan, jatuh atau terkena cairan.


Pemeriksaan :

1. Pemeriksaan speaker dengan menggunakan mulitester. Saat memeriksa tidak menjadi masalah jika letak kutub kutub multitester tertukar

2. Jika speaker masih dalam keadaan baik, jarum multitester akan bergerak dan akan terdengar suara pada speaker. Tetapi jika suara tidak terdengar, lakukan tes jalur audio dengan multitester.


Solusi :

1. Bula jarum multitester bergerak bisa dipastikan kondisi jalur masih bagus.

2. Jika tidak bergerak, kemungkinan jalur terputus. Untuk mengatasinya lakukan penyambungan jalur (jumper).

3. Bila jalur dalam kondisi baik tetapi masih belum berfungsi. Gantilah IC audipnya. Kerusakan kasus ini terjadi karena putusnya kaki IC atau terjadi hubungan singkatan pada kaki IC. Untuk mengatasinya, lakukan penyolderan ulang. Namun langkah ini berisiko sangat besar karena akan mengakibatkan hp mati.


Sumber : Soni Daniswara dan Riyan
Mencari dan Memperbaiki Kerusakan pada Handphone--
Cium peluk membabi buta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar