Senin, 13 Juni 2011

Kerusakan pada LCD Handphone

LCD blank. Liquid Colour Display (LCD) termasuk bagian yang paling sering mengalami kerusakan. Kerusakan umum terjadi pada LCD (layar hp) antara lain tidak dapat menampilkan teks dan gambar. Kondisi ini terkenal denga istilah "blank"


Penyebab :
LCD blank disebabkan oleh data yang berasal dari CPU tidak dapa ditampilkan (ter-display) pada layar hp. ini dapat disebabkan oleh korosi (karat), sehingga jalur arus data dari CPU ke LCD terputus. Korosi biasanya disebabkan adanya cairan yang masuk ke dalam komponen hp. Meskipun LCD rusak atau mati total. Ini disebabkan masih terdapatnya tegangan arus yang mengair. kemungkinan lain yang juga dapat terjadi adalah kabel flexibel putus. konektor patah, rubbek putus, atau ketiganya kotor.


Solusi :

1. Periksa kabel fleksibel, konektor dan rubber. Jika ketiganya kotor segera bersihkan dengan menggunakan cairan IPA. Gangguan kotoran dapat menyebabkan kabel fleksibel, konektor dan rubber tidak dapat terkoneksi dengan sempurna sehingga tidak dapat sempurna sehingga tidak dapat menampilkan gambar ke LCD.

2. Bila yang terjadi adalah kabel fleksibel putus, konektor patah, atau rubber sobek, komponen-komponen tersebut harus diganti.

3. Periksa blok LCD dengan menggunakan multitester, apakah ada tegangan atau tidak. Jika tegangan mencapaik 4,8 volt berarti LCD masih dalam keadaan baik


Sumber : Soni Daniswara dan Riyan
Mencari dan Memperbaiki Kerusakan pada Handphone--
Cium peluk membabi buta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar