Minggu, 12 Juni 2011

Tips Memilih dan Membeli Handphone

1. Cari toko atau penjual yang memberikan jaminan layanan purna jual (after sales service). Misalnya dengan garansi untuk jangka waktu tertentu, sehingga jika ada kerusakan hp bisa langsung diperbaiki tanpa perlu mengeluarkan biaya.

2. Pastikan hp memiliki sertifikasi dari operator yang akan dipakai, sehingga jaringan hp dapat dipergunakan sebagimana mestinya.

3. Lihat fitur dan harga hp, sesuaikan dengan kebutuhan jangan asal mahal dan lengkap tetapi sebenarnya tidak kita manfaatkan.

4. Jika membeli hp CDMA, upayakan untuk mendapatkan spesifikasinya, pasalnya dengan menggunakan sistem yang sama akan dapat meminimilasasi drop call dan dapat memanfaatkan fasilitasnya secara manual. Perlu diketahui, hp CDMA yang masuk ke Indonesia kebanyakan adalah hp rekondisi. Hp kategori ini tidaklah 100% baru karena sebelumnya merupakan hp bermasalah. Namun oleh pabriknya diperbaiki dan didistribusikan kembali sebagai barang rekondisi. Diikatakan pula untuk tidak membeli hp CDMA dari luar negri karena sistem operasi pada hp tersebut membuat Prefend Roaming List (PRL) yang spesifik sehingga tidak sesuai untuk diaplikasikan ke Indonesia. Bila tidak sesuai, akan ada problem saat hp tidak mendapat sinyal dan kemudian masuk ke corave area.

5. Pilih hp yang memiliki fitur sangat berhubungan dengan kebutuhan profesi anda sehingga dapat mendukung pekerjaan. Misalnya, jika pekerjaan anda berhubungan dengan data data tertentunya hp tipe smartphone atau PDA phone sangat cocok untuk dimiliki.

6. Jika ingin mendapat hp yang tahan lama, pilih ponsel merek-merek tertentu yang telah dikenal kualitasnya. Ini misalnya dapat anda lakukan dengan melakukan surver kecil kecilan ke toko-toko hp atau bertanya kepada orang-orang yang cukup tau. Hal lain, cari tau hp mana yang masih memiliki harga tinggi ketika dijual kembali.

7. Pastikan hp pilihan kita memiliki garansi pabrik. Ponsel yang bergaransi toko biasanya barang balck market atau barang tidak resmi sehingga tidak memiliki layanan purna jual dan tidak terjamin kualitasnya. Hanya, harga black market memang lebih murah dari pada harga hp resmi

8. Jika telah pasti akan membeli hp, cek ulang keasliannya dan kelengkapannya. Kelengkapan hp misalnya kabel data, memory card, atau CD PC suite. Terkadang toko yang bandel tidak memberikan memory card dan kabel data kepada pembelinya, padahal itu sudah merupakan satu paket penjualan.


Sumber : Soni Daniswara dan Riyan
Mencari dan Memperbaiki Kerusakan pada Handphone--
Cium peluk membabi buta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar