Rabu, 15 Juni 2011

Handphone Terkena Benturan

Terkena benturan
Istilah contact service ditemukan pada hp-hp jenis Nokia dan menyebabkan hp menjadi trouble shooting


Penyebab :

Hp terjatuh dan mengalami benturan yang keras atau bisa juga karena hp terkena cairan. Kondisi ini juga mengakibatkan kerusakan pada komponen hardware dan software.


Pemeriksaan :

1. Cek bagian konektor atau langsung ke PCB. jika ada arus, tes dengan cara flashing. Jika tidak ada arus, cek komponen IC power, IC IF, dan IC RF. pengecekan ini dilakukan untuk mengetahui apakah sistem penerimaan dan pemancaran sinyal hp masih berjalan dengan baik.

2. Perhatikan kondisi PCB, apakah masih lurus, retak atau sudah patah. PCB yang retak atau tidak lurus lagi dapat mengakibatkan jalur jalur yang berhubungan dengan IC putus, sehingga mengakibatkan putusnya hubungan arus dari satu komponen ke komponen lain.


Solusi :

Kerusakan pada hardware. untuk memperbaiki kerusakan pada bagian software tentu begitu rumit, karena kita tidak perlu membuka bagian dalam hp tersebut. Proses perbaikan dilakukan dengan cara mengreflash (flashing ulang) menggunakan bantuan komputer. Proses ini dilakukan untuk memasukkan kembali data beru ke dalam program hp.

Gunakan software yang sesuai dengan tipe hp anda. Ada beberapa jenis software yang biasa digunakan untuk flashing.
Misalnya nokia menggunakan software Griffin dan Prodigy. sedangkan Sony Ericssson menggunakan software Sony Ericsson Fighter.

Agar lebih aman, flashing hendaknya dilakukan oleh service center resmi atau ahli service hp. Jika ingin mencoba melakukan flashing sendiri, hendaknya dipandu oleh orang yang memang ahli dan telah berpengalaman melakukan proses ini. Pasalnya proses ini sangat beresiko.
Berikut hal hal yang harus dilakukan.

1. Persiapkan alat alat yang diperlukan sesuai dengan hp yang kan di up-grade.

2. Koneksikan kabel ke PC dan ke hp, ingat hp harus dalam keadaan mati, sim card, dan baterai haris dicabut.

3. Buka program flasher untuk seri hp tertentu pada komputer.

4. Pilih versi firmware yang diinginkan.

5. Lakukan proses flashing. Yang penting dilakukan saat melakukan flashing adalah komputer tidak membuka atau menjalankan program aplikasi lain sehingga proses flashing tidak terganggu. Setelah selesai, akan muncul pesan pada PC anda, kemudian lepas kabel koneksi.

6. Pasang kembali baterai dan sim card

7. Restrat hp anda.


Kerusakan pada hardware.

biasanya terjadi pada komponen IC audio dan IC power supply. Kemungkinan paling besar terjadi pada komponen IC audio. Tapo komponen ini akan bekerja jika mendapatkan tegangan dari IC PS. Jika komponen IC PS rusak, komponen lain termasuk IC audio juga komponen IC PS rusak, komponen lain termasuk IC audio juga tidak akan berfungsi. Seperti diketahui, komponen IC audio berfungsi memperbesar gelombang suara agar dapat terdengar dengan jelas.
IC audio juga berfungsi sebagai pengubah geyaran dari digital ke analog atau sebaliknya. Kerusakan pada komponen ini menyebabkan suara menjadi kecil dan contact service.

Langkah perbaikan, ganti komponen dengan yang baru. Sebelum mengganti komponen, sebaliknya coba panaskan terlebih dahulu komponen yang rusak dengan solder uap (bot air)
Langkan ini dilakukan untuk mengecek apakah kaki kaki pada IC menermpel dengan baik. Jika masih baik tentunya kita tidak perlu menggantu komponen ini dengan yang baru.
Jika komponen telah diganti tetapi hp tetap tidak kembali normal, kembali dengan mengganti konponen pada IC PS. Fungsi konponen IC PS adalah sebagai pengatur tegangan dari baterai ke seleruh rangkaian komponen.


Sumber : Soni Daniswara dan Riyan
Mencari dan Memperbaiki Kerusakan pada Handphone--
Cium peluk membabi buta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar