Minggu, 12 Juni 2011

Hang pada KeyPad Handphone

Hang pada keypad adalah kondisi dimana keypad tidak aktif sehingga hp tidak dapat digunakan sebagaimana mestinya.


Penyebab :

1. Putusnya jalur hubungan antara keypad dengan CPU akibat adanya gangguan. Gangguan ini bisa disebabkan oleh masuknya partikel-partikel asing seperti asing seperti debu atau air sehingga menghambat jalur dan putus.

2. Terjadi hubungan singkat pada jalur yang menghubungkan CPU ke keypad. Ini bisa disebabkan oleh hp yang jatuh sehingga timah solderan lepas. Menempelkan potongan timah sehingga timah solderan lepas. Menempelnya potongan timah pada jalur (CPU-keypad) dapat mengakibatkan korsleting. Jika dibiarkan, jalur akan terganggu sehingga aliran data menjadi kacau dan hp benar-benar mengalami hang bukan pada keypad saja melainkan keseluruhannya.


Pencegahan :

1. Perawatan dan perhatian khusus pada hp dapat mencegah keypad hang. Perawatan yang dimaksud antara lain rajin membersihkan hp, baik pada bagian dalam maupun bagian luar agar terbebas dari resiko masukannya debu, air atau partikel-partikel lain yang dapat merusak.

2. Penambahan pengamanan dengan memasangkan sarung khusus hp.

3. Meletakkan hp pada suhu kamar (tidak terlalu panas atau dingin).


Solusi :

1. Keypad yang hang masih bisa dimatikan dengan menekan tombol power on/off

2. Jalur yang putus dapat disambungkan kembali dengan cara menjumpernya, yakni menyambungkan arus yang terputus dari satu kaki komponen ke kaki komponen lain. Menjumper tidak mudah, karena kita harus tahu terlebih dahulu arah jalur dan jalur mana yang putus.

3. Untuk mencegah terjadinya korsleting akibat timah menempel pada jalur, bersihkan papan PCB dengan menggunakan cairan IPA


Sumber : Soni Daniswara dan Riyan
Mencari dan Memperbaiki Kerusakan pada Handphone--
Cium peluk membabi buta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar