Rabu, 15 Juni 2011

Suara Ringtone Handphone Rusak

Karakter ringtone hp ada dua jenis, polyring dan polyphonic. Kualitas ringtone polyring terdengar lebih nyaring dan bersih, sedangkan kualitas ringtone polyphonic selain lebih bagus, variasi bunyinya juga lebih banyak.
Suara ringtone yang rusak selain tidak jernih (keresek), juga terdengar kecil meskipun level volume telah diatur maksimal. Kerusakan ringtone umumnya banyak dialami oleh hp polyphonic. Biasanya akibat terlalu sering mendownload nada ringtone, melebihi kapasitas memori hp. Kondisi ini mengakibatkan hp sering hang atau not accepted. Suara ringtone yang lemah juga dapat disebabkan buzzer mengalami korosi.


Penyebab :

1. Korosi pada buzzer disebab oleh kontaminasi cairan, sehingga arus yang masuk menjadi terhambat dan buzzer menjadi lambat. Pada hp jenias Nokia, kerusakan ringtone diakibatkan oleh rusaknya IC COBBA, yakni IC audio ini mengatur arus masuk pada buzzer.

2. Jika suara ringtone bisa penyebabnya adalah buzzer mati. Buzzer mati biasanya akibat hp terkena panas, tersiram cairan sehingga korsleting atau jalur pada PCB yang putus akibat hp terjatuh.


Pemeriksaan :
dilakukan dengan mendengarkannya.


Solusi :
Perbaikan dilakukan dengan cara flashing sesuai dengan data dan versi yang sama. Flashing dilakukan akibat hp hang karena men-download nada ringtone melebihi kapasitas memori yang tersedia. Flashing akan membuang sebagian file download yang masuk pada memori hp.


Catatan :

Apabila hp menerima panggilan tetapi tidak terdengar nada dering padahal hp dalam setingan yang benar, berarti buzzer bermasalah. Kondisi ini disebut "buzzer no active".

Untuk itu lakukan hal-hal berikut.

1. Cek dengan multitester.

2. Jika buzzer hidup ditandai dengan bunyi, sedangkan bila tidak berbunyi berarti buzzer rusak dan harus diganti.

3. Periksa jalurnya jika buzzer hidup tetapi ringtone tidak bunyi.

4. Bila buzzer tidak rusak dan jalurnya bagus, coba lakukan reset ke settingan awal.


Sumber : Soni Daniswara dan Riyan
Mencari dan Memperbaiki Kerusakan pada Handphone--
Cium peluk membabi buta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar